internet


ARTI INTERNET
Internet adalah kependekan dari international network. Pertama kali internet dibuat oleh sir barners lee yang lahir dilondon dan dia tinggal di amerika bersama istrinya dan pertama kali digunakan oleh tentara amerika agar mengetahui jika ada serangan.  Internet adalah jaringan komputer yang dibuat oleh departemen pertahanan amerika serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan. Dan dia membuat protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP. Pada saat itu departemen pertahanan amerika serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer didaerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu stanford research insitute, university of california, santa barbara dan university of utah, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi 2 yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti, universitas-univertas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet.
Manfaat internet dalam dunia pendidikan
Manfaat internet dalam dunia pendidikan, antara lain:
1.   Mencari informasi
Dengan internet kita bisa mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan, seperti pendidikan kurikulum disetiap tahunnya.

2.   Berkomunikasi
Kita dapat berkomunikasi dengan orang diberbagai pelosok dunia.

3.   Sebagai sarana pembelajaran
Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari disekolah.

4.   Sebagai sarana untuk mencari beasiswa
Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah disetiap semester.

5.   Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Pendidikan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan.
Sekarang internet  sudah menyebar keseluruh dunia. Tapi, jika jika dilihat dari manfaat internet bagi dunia pendidikan, tidak menutup kemungkinan untuk kita tidak terus rajin menuntut ilmu.

Berbagai manfaat internet tersebut dapat kita gunakan
Sebaik-baik mungkin dalam melaksanakan proses belajar mengajar didalam atau diluar sekolah. Akses cepat dan tariff yang begitu murah juga termasuk manfaat utama internet dalam berbagai bidang. Kemudian informasi dapat diubah kapan pun dan dimana pun secara cepat yang dapat membantu pemahaman kita. Internet juga dapat bermanfaat sebagai sarana untuk dunia bisnis baik itu pelajar maupun bukan pelajar.

Internet itu sangat berarti dalam dunia pendidikan, sudah banyak pelajar baik itu perempuan maupun laki-laki yang terjerumus dalam perilaku sewenang-wenang, pemerkosaan, pencurian dan lain sebagainya.

Tetapi dengan kemajuan teknologi tersebut termasuk internet, bukan berarti kita harus lupa waktu dalam belajar dan lupa untuk beribadah. Kita sebaiknya menggunakan internet dengan niat yang baik bukan untuk belajar dan terjerumus dalam pergaulan bebas.

Comments

Popular posts from this blog

tarian daerah

cara membuat account blog